Peran Pendidikan Abjad Teciptanya Kepribadian Baik

Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik|Manusia sebetulnya telah membawa kepribadian semenjak dilahirkan di muka bumi ini. Pendidikan huruf adalah suatu bentuk aktivitas insan yang terdapat atas suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan huruf bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Tidak hanya itu, tujuan pendidikan karakter sanggup dilihat dibawah ini... 
  • Mengetahui aneka macam huruf baik manusia 
  • Mengartikan dan menjelaskan aneka macam karakter
  • Menunjukkan pola prilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari 
  • Memahami sisi baik dalam menjalankan sikap yang sebagai mana berkarakter
Faktor Pendidikan Karakter
Lingkungan memegang tugas penting dalam pendidikan huruf sebab perubahan sikap penerima didik sangat ditentukan oleh faktor lingkungan. Maka dari itu perlunya pembentukan dan rekayasa lingkungan baik itu pada lingkungan fisik, dan budaya sekolah, administrasi sekolah, kurikulum, pendidik dan metode mengajar. Strategi-strategi rekayasa faktor lingkungan dalam pendidikan huruf yaitu sebagai berikut...  
1. Keteladanan
2. Intervensi 
3. Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten 
4. Penguatan

Pilar-Pilar Pendidikan Karakter
Pendidikan huruf didasarkan atas enam pilar yaitu sebagai berikut.. 
1. Trustworthiness (Kepercayaan) 
Jujur, jangan menipu, menggandakan atau mencuri, jadilah orang yang handal yang melaksanakan apa yang dikatakan dan melakukannya, minta keberanian untuk melaksanakan hal-hal yang benar, membangun reputasi yang baik, patuh berdiri dengan keluarga, sahabat dan negara. 
2. Recpect (Respek) 
Bersikap toleran terhadap perbedaan, gunakan sopan santun, bukan bahasa yang tidak baik atau buruk, pertimbangkan perasaan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri, jangan mengancam, memkul atau menyakiti orang lain, damailah dengan kemarahan, hinaan, dan perselisihan. 
3. Responsibility (Tanggung jawab) 
Selalu melaksanakan yang terbaik, lakukan pengawasan diri, disiplin, berpikirlah sebelum bertindak, mempertimbangkan konsekuensi, bertanggung jawab atas apa saja pilihan yang anda buat. 
4. Fairness (Keadilan) 
Bermain sesuai dengan aturan, ambil seperlunya dan menyebarkan seperlunya, berpikiran terbuka; mendengarkan orang lain, jangan mengambil laba dari orang lain, jangan menyalahkan orang lain sembarangan.
5. Caring (Peduli)
Bersikaplah atas penuh dengan kasih sayang dan menawarkan anda peduli, ungkakan rasa syukur, maafkan orang lain, membantu orang yang membutuhkan. 
6. Citizenship (Kewarganegaraan) 
Menjadikan sekolah dan masyarakat menjadi lebih baik, bekerja sama, melibatkan diri atas urusan masyarakat, menghormati otoritas, melindungi lingkungan hidup.

Fungsi Pendidikan Karakter
Fungsi pendidikan huruf yaitu sebagai berikut
1. Mengembangkan potensi dasar biar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2. Memperkuat dan membangun sikap bangsa yang multikultur
3. Meningkatkan peradaban bangsa biar kompetitif dalam bersaing dalam pergaulan dunia, yang dilakukan dari aneka macam media meliputi keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa. 

Nilai-Nilai Pembentuk Karakter
Sebenarnya nilai-nilai pembentuk huruf telah dikembangkan, dan dikala ini telah diperkuat atas 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. 18 nilai pembentuk huruf bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional yang mana nilai-nilai pembentuk huruf sanggup dilihat dibawah ini..
1. Jujur 
2. Toleransi
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri 
7. Demokrasi 
8. Rasa ingin tahu
9. Semangat kebangsaan
10. Cinta tanah air
 11. Menghargai prestasi 
12. Bersahabat/komunikatif
13. Cintai damai
14. Gemar membaca
15. Peduli lingkungan 
16. Peduli sosial 
17. Tanggung jawab
18. Religius.

Macam-Macam Kepribadian 
Secara umum, kepribadian terbagi atas 4 macam yaitu sebagai berikut..
1. Koleris yaitu kepribadian yang suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
2. Sanguinis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan aktivitas sosial dan bersenang-senang.
3. Plegmatis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan bekerja sama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, sahabat bicara yang enak, menyukai hal yang pasti
4. Melankolis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang detil, menyimpan kemarahan, perfection, suka instruksi yang jelas, aktivitas yang rutin sangat disukai.

Baca Juga:

Pengertian Pendidikan, Tujuan, & Menurut Para Ahli
Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli
Pengertian Kurikulum, Fungsi dan Komponennya
Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik

Demikianlah informasi mengenai Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, faktor pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pembentuk karakter, dan macam-macam kepribadian. Sekian dan terima kasih. Salam menyebarkan Teman-Teman.
LihatTutupKomentar