Cara Cek Laporan Bos Online Bagi Masyarakat Awam

BOS ialah kepanjangan dari Bantuan operasional sekolah yang merupakan kegiatan pemerintah lewat Dinas Pendidikan Nasional guna mendukung kegiatan wajib berguru 9 tahun sekaligus untuk membantu para orang bau tanah membiayai pendidikan belum dewasa mereka. Gerakan BOS ini telah berjalan sejak 2009 silam dan masih berlangsung sampai ketika ini. Dana dalam Program BOS ini dibagikan ke semua instansi pendidikan mulai SD sampai SMP. Pada tahun 2019 mekanisme proteksi dana BOS diganti menjadi melewati Propinsi.
Pemberian dana BOS ini pun memerlukan laporan pertanggungjawaban secara detil yang selanjutnya akan dikirimkan ke pusat. Di permulaan kegiatan BOS ini tahun 2009, laporan masih dibentuk secara manual, namun ketika ini pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menciptakan sebuah aplikasi online yang akan mempermudah dalam pembuatan laporan dana BOS ini. Tak hanya itu, masyarakat pun sanggup ikut melihat laporan dana BOS itu. Cara cek laporan BOS online ternyata tak serumit yang dibayangkan. Beberapa pihak ketika harus menciptakan laporan BOS online ini sering menemui sejumlah duduk masalah disebabkan mereka tak begitu menguasai input data untuk laporan BOS secara online ini.

Untuk itu berikut ini akan dipaparkan cara menginput laporan dana BOS sekaligus cara cek laporan BOS online:

1. Pertama kali anda susukan situs resmi Kemendikbud dengan alamat http://www.bos.kemdikbud.go.id. Anda akan diberikan tampilan halaman tersendiri mengenai kegiatan BOS ini.

2. Tahap berikutnya ialah pilih sajian 'Pengguna Dana Perkomponen' di sebelah kiri halaman dengan meng-kliknya. Selanjutnya akan keluar halaman rekap pemanfaatan dana BOS secara nasional untuk tahun 2019. Berikutnya tentukan filter pilihan yang tersedia dimulai dari Provinsi, Kabupaten, Jenjang, Status, Sekolah serta Tahun. Pilihan diubahsuaikan dengan instansi sekolah yang ingin Anda ketahui.

3. Sesudah seluruh pilihan diisi dengan komplit, berikutnya di bawah kolom filter tadi terdapat tombol download dan filter. Tekan tombol download bila anda ingin melihat laporan rekapitulasi pemanfaatan uang BOS sekolah Anda, sementara tombol filter digunakan untuk mengecek apakah laporan dana BOS sekolah yang Anda inginkan sudah terinput di situs itu. Jika tidak tersedia itu artinya laporan yang diberikan via online terdahulu belum masuk atau ada kesalahan input dan hendaknya diulangi lagi mengirimkan laporan dana BOS.

Rekap penggunaan dana nasional tahun 2019 itu sendiri terdiri dari 13 komponen yang masing-masing diberikan data mulai triwulan I, triwulan II sampai triwulan IV. Ketigabelas komponen itu mencakup Pengembangan Perpustakaan, Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa, Kegiatan Ulangan dan Ujian, Pembelian bahan-bahan habis pakai, Langganan daya dan jasa, Perawatan sekolah, Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, Pengembangan profesi guru, Membantu siswa miskin, Pembiayaan pengelolaan BOS, Pembelian perangkat komputer dan Biaya lainnya bila seluruh komponen 1 s.d 12 telah terpenuhi pendanaannya dari BOS. Sesungguhnya tidak sulit kan memberikan laporan ataupun cara cek laporan BOS online memakai situs Kemendikbud.
LihatTutupKomentar